(021) 8576111 | Jl. Nanas 1 Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13120

Batam Pertimbangkan Hentikan Sekolah Tatap Muka

guru-melakukan-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-dengan-sistem-daring_210104105441-973

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM — Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, kembali mempertimbangkan kebijakan mengizinkan sekolah tatap muka langsung di sekolah atau luar jaringan (luring) khsusus di pulau utama setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 terkini. Terlebih, penolakan dari orang tua murid cukup banyak.

“Saya meminta masukan dari kepala sekolah sore ini,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Senin.

Apabila disepakati, maka pemerintah akan menghentikan rencana belajar tatap muka di sekolah hingga vaksin untuk anak tiba. Sesuai dengan surat keputusan bersama empat menteri, maka syarat kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah harus mendapatkan persetujuan dari orang tua siswa.

Menurut Rudi, dari data sementara yang diterimanya banyak orang tua yang belum mengizinkan anaknya belajar langsung di sekolah. Namun, apabila yang setuju sekolah tatap muka langsung kurang dari 50 persen, maka kebijakan itu akan dihentikan. Sebaliknya, apabila yang setuju mencapai 75 persen, maka akan dilaksanakan.

“Karena dalam pendidikan, boleh dari rumah boleh tatap muka,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan menyatakan, pihaknya sudah menerima pengajuan belajar tatap muka dari sejumlah sekolah di pulau utama.

“Kalau SD ada 62, SMP ada 16 dan yang PAUD banyak, hampir 120-an,” kata Hendri.

Pendidikan Anak Usia Dini, menurut Hendri, termasuk penitipan anak, TK, dan kelompok bermain. Ia menyatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi atas kesiapan masing-masing sekolah untuk melaksanakan tatap muka.

“Tapi nanti kordinasi balik dengan Wali Kota karena dari kondisi tidak menguntungkan. Saya akan apakah pimpinan memberikan kesempatan atau dibatalkan,” kata dia.

 

Sumber : https://republika.co.id/search/sekolah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *